Perkumpulan Wanita Pengusaha Saling Menajamkan Kemampuan Bisnis

Perkumpulan wanita pengusaha terus menyebar bagaikan virus yang menular dan saling menjangkiti satu sama lain sehingga jumlahnya bertambah banyak. Sebagai hasilnya, kini terlaporkan bahwa populasi pengusaha wanita mencapai 14,3 juta jiwa banyaknya dari seluruh penjuru Indonesia, Sabang sampai Merauke.

Mengusahakan bisnis sama sekali bukan menjadi perkara mudah, sebab kita perlu mengerahkan tenaga besar serta kerja keras berbalutkan tekad keberanian. Segala yang disebutkan barusan adalah modal utama berbisnis yang wajib dimiliki oleh setiap wirausahawan, baik itu pria maupun wanita tanpa terkecuali dan tidak ada anak emas.

Cara Menemukan Perkumpulan Wanita Pengusaha Pendorong Supaya Punya Tekad Ingin Maju

Negara Indonesia cukup kental dengan budaya patriarki, yang mana perempuan selalu menjadi urutan kedua karena pria harus selalu diutamakan. Inilah penyebabnya mengapa banyak sekali wanita jadi tidak berani mengambil keputusan untuk berbisnis karena ia kehilangan rasa percaya diri.

Maka dari itu, sangatlah diperlukan dukungan dari orang lain agar bisa saling menguatkan satu sama lain dan tidak mudah menyerah dalam perjalanan. Salah satu caranya adalah dengan mendaftarkan diri kepada komunitas pengusaha khusus wanita maupun organisasi sejenis yang sifatnya positif dan saling membangun.

Perkumpulan Wanita Pengusaha Sebagai Wadah Memajukan Bangsa

Dengan masuknya diri kalian sebagai salah satu anggota perkumpulan wanita pengusaha, maka benefit yang bisa didapatkan misalnya adalah jadi punya jaringan bisnis. Koneksi sangatlah penting dalam melebarkan sayap bisnis, karena bisa saling bertukar informasi maupun pengetahuan yang nantinya bisa mengokohkan pondasi usaha para perempuat kuat ini.

Hingga saat ini, masih ada cukup banyak wanita yang tidak berani melangkah maju dan mengambil keputusan untuk memulai berbisnis karena hambatan patriarki. Perlu adanya dorongan berupa kemunculan suatu role model, contoh maupun teladan, bahwasanya sudah terbukti jikalau wanita pun ternyata bisa jadi orang sukses.

Perkumpulan Wanita Pengusaha Sebagai Wadah Memajukan Bangsa

Fundamental ini dapat menjadi masalah besar karena tantangannya dua kali lebih berat daripada pria yang banyak mendapatkan keuntungan terkait isu gender. Padahal wanita juga merupakan sosok kuat tanpa ia sadari, karena sanggup mengurus rumah tangga sembari berkarier di perusahaan multinasional ibukota maupun mengelola online shop.

Tanpa bermaksud untuk menyaingi lelaki, namun lebih baik kita melihatnya dari sudut pandang positif bahwa wanita ingin berkontribusi terhadap finansial keluarga. Ini jauh lebih baik karena sumber pemasukan datang dari dua tempat berbeda, sehingga jika salah satu sedang mengalami guncangan maka yang lainnya bisa menopang untuk sementara waktu menunggu pulih.

Cara Menemukan Wadah Pendorong Supaya Punya Tekad Ingin Maju

Nita Yudi selaku Ketua Umum IWAPI mengemukakan cara memilih perkumpulan wanita pengusaha yang tepat agar bisa menjadi wadah pendorong dalam berbisnis. Terkadang tidak melulu membahas tentang bisnis, karena sebetulnya ada juga komunitas peduli lingkungan seperti Divers Clean Action yang bertaruh nyawa demi memungut sampah oleh para penyelam wanita.

Inilah pentingnya jaringan karena memungkinkan untuk berkolaborasi antara pengusaha dengan pencinta lingkungan yang nantinya akan menciptakan program baru bersama. Beberapa contoh komunitas lainnya adalah seperti arisan, ibu-ibu pengajian, sosialita, dan masih banyak lagi, termasuk himpunan mahasiswi sekalipun juga tak masalah yang penting ada grup supaya dapat dorongan dari orang lain.

Perkumpulan Wanita Pengusaha Saling Menajamkan Kemampuan Bisnis

Koneksi atau network merupakan sebuah barang berharga dalam dunia bisnis, karena nantinya akan sangat membantu ketika kita ingin memasarkan suatu produk ke pasaran. Di situlah peran IWAPI alias Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia dalam memberikan fasilitas ataupun pelatihan dasar dari segi mental maupun teknikal agar lebih berani membuka usaha.

IWAPI juga sama sekali tidak memberikan batasan apapun, selama ia adalah wanita, pasti akan diterima tanpa terkecuali dengan tangan terbuka. Perempuan ini akan menerima banyak ilmu mulai dari pemasaran, manajemen, digital marketing, hingga seputar pengelolaan finansial agar bisnisnya tidak bangkrut karena sumber pemasukannya bocor tidak tahu entah ke mana larinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *